Bagian Yang Mesti dilewati Mahasiswa Semester Akhir

Walaupun telah jadi alumni, saya luangkan sesaat diri menulis sistem perjuangan yang saya kerjakan saat jadi mahasiswa semester akhir sampai pada akhirnya lulus memperoleh titel Sarjana computer di Unsyiah. Cek Harga Souvenir Boneka Wisuda untuk Update Terbaru

Jurusan Informatika Unsyiah ada di bawah induk Fakultas MIPA, hingga ketentuan di Informatika terikat dengan ketetapan yang diputuskan MIPA. Awalannya saya beranggapaan kalau tiap-tiap jurusan mempunyai sistem yang sama dari pembuatan pekerjaan akhir sampai usai sidang. Nyatanya tiap-tiap fakultas dapat mempunyai jalur yang tidak sama, bahkan juga jurusan dalam satu fakultas dapat juga berlainan. Umpamanya saja di Informatika ada yang namanya poster day.

Screenshot_49.png

Walaupun tidak sama, ada pokok basic yang perlu dihadapi semuanya mahasiswa tingkat akhir yakni awal pendakiannya SEMINAR PROPOSAL, serta puncaknya SIDANG sarjana. Inti dari semuaya ya hanya itu saja. Tetapi apa yang dihadapi benar-benar berlainan. dalam sistem menuju Sidang sarjana ada banyak bagian deg-degan yang perlu di hadapi mahasiswa Informatika Unsyiah. Salah satunya Pekerjaan Akhir 1 : seminar proposal – Pekerjaan Akhir 2 : Poster day – seminar hasil – sidang. Tersebut detil penuturannya.

 

 

 

Seminar proposal, bagian ini untuk menyepakati judul pekerjaan akhir yang juga akan ditangani. Pada bagian ini mesti merampungkan BAB 1, 2 serta 3 yang semua menerangkan apa yang juga akan dikerjakan untuk riset pekerjaan akhir. Hingga, semua perubahan mencolok nantinya berlangsung di sini. Mungkin beberapa penguji memohon mengubah jadi judul, mengubah sistem riset, menaikkan objek riset, bahkan juga bisa menampik judul proposal. Saya percaya semuanya fakultas/jurusan ada step ini.

Poster day, “hari poster” jadi bagian harus sebelumnya melakukan seminar hasil. Jadi akhirnya, sesudah usai seminar proposal serta judulunya di terima dengar beragam revisi serta penambahan, si mahasiswa pasti kerjakan penelitiannya. Jadi sebelumnya presentasi akhirnya di seminar hasil, mahasiswa informatika diharuskan ngeprint poster seukuran 87 x 87 cm yang berisi melukiskan apa yang dikerjakan pada penelitiannya serta akhirnya. Si Mahasiswa diwajibkan ngeprint serta nempel di papan spesial di lantai 3 serta harus mengajak minimum 15 peserta untuk menghadiri poster day serta memperoleh tanda tangan ke 15 orang itu. Saya tidak paham apa berada di jurusan beda, tetapi sebagian rekan saya di jurusan yang berlainan tak ada bagian ini. Menurut saya bagian ini sesungguhnya baik untuk mahasiswa tetapi merepotkan!!! Ribet kejar tanda tangan : 3

Seminar hasil, bagian ini umumnya jadi arena pembantaian. Ada dosen yang terasa hasil yang kamu kerjakan salah, ada yang kurang senang dengan hasil penelitianmu, ada pula dosen yang gak ngerti, serta yang lain. Saya dibantai sepanjang 1 jam lebih dalam sistem seminar hasil (bulan puasa sekali lagi). Bagian ini mungkin saja tak ada dibeberapa jurusan beda terlebih jurusan sebagian bagian sosial. banyak ya deg-degan di informatika.

Sidang Sarjana, bagian akhir sebelumnya jadi sarjana : D. Bantai atau tidak dibantai juga akan begitu relatif, karna banyak yang menceritakan beberapa peristiwa unik saat sidang. Ada yang menangis (baca di kaskus), ada yang ceritanya ia dibantai habis-habisan dengan pertanyaan basic serta mengenai pekerjaan pada akhirnya, ada yang enjoy, ada yang singkat banget. Saya sendiri ALHAMDULILLAH termasuk juga bisa mengasyikkan, di mana saat sidang banyak peristiwa hening–hening pertanyaan serta cuma menggunakan saat sekitaran 50 – 60 menit serta sukanya sekali lagi bisa “A”. Insya Allah semuanya bagian di atas juga akan saya katakan pengalaman-pengalamannya.

Wisuda.. sudah pasti dalam sistem wisudanya banyak urus-urusnya lo.. tetapi pada dasarnya tersebut bos-bosnya 😀

prasyarat serta ketetapan umum

 

Tetapi dari semuanya bagian di atas, satu diantara sistem yang paling dibenci yaitu menanti semuanya usai. hahahaha. Deg-degannya itu loo yang ganggu. Jumpa dosen, sms dosen, kepikiran revisi, nunggu dosen pembimbing, kejar dosen pembimbing (kami sempat kejar sampai samahani bolak-balik 2 kali : 3). Namun alhamdulillah dosen pembimbing saya baik-baik banget. the best lah. saya kasihan dengan rekan saya yang dosen pembimbingnya bahkan juga ada yang ke Jepang, ke luar kota. dan lain-lain Semangat ya semua ^_^V

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s